Pages

Rabu, 26 Mei 2010

Makanan Khas Timor Leste


Makanan Khas Timor Leste
Timor Leste dari segi kuliner sangatlah unik, banyak sekali pengaruh luar yang diterima oleh negara baru ini terutama dari Portugal,Indonesia, China dan Arab yang menambah kaya dunia masakannya
Kalau bicara mengenai makanan di Timor Leste tidak bisa dipisahkan dengan makanan Portugis. Negara eks koloni portugal ini banyak sekali mengadopsi resep maupun cara masak dalam makanan-makanan-nya. Mina Azeite (Olive Oil) dipakai hampir di setiap masakan Timor Leste, juga vinho atau anggur merah.
Salah satu masakan penting yang biasa dihidangkan saat pesta adalah Caldeirada (Kaldeirada) yaitu stew yang terbuat dari daging kambing atau sapi yang dibumbui dengan tomat, cabe merah besar, garam, merica, cuka dan bir biasanya ditambah dengan kentang dan wortel, selain dari kalderada bisa juga dibuat dengan ikan putih atau seafood. ada juga yang disebut Carne Asada. 
Carne assada adalah daging kerbau panggang yang disajikan dengan saus kental dan merica.                    Sasate atau sate dibuat dari daging kerbau atau babi yang dilumuri air asam, gula merah asal kota perbukitan Aileu (jangan bilang gula jawa ya disana) dimakan dengan saus dari belimbing sayur, garam dan cabe. Di Viqueque(Salah Satu Distrit di Timor Leste) dapat ditemui masakan khas tukir yaitu daging kambing potong yang dimasukkan ke dalam bambu muda dicampur kunyit, dan rempah2 lalu dibakar, aroma daging pangangg campur buluhnya sangat sukar dilupakan. Fahi Tunu atau babi guling (maaf non halal untuk teman-teman yang beragama Muslim) juga disajikan saat pesta besar.
Untuk menu Seafood ada Saboko yang terbuat dari Ikan Tuna yang dibumbui cabe, bawang, daun asam muda lalu dibungkus dengan daun lontar dan dibakar. Ikan Singa dibuat dari berbagai ikan laut yang dibumbui belimbing wuluh (belimbing sayur) iris dan cabe dan olive oil dan dikukus. Jangan lupa coba suntu tunu yaitu cumi-cumi raksasa (besarnya sekitar tampah kecil) yang hanya dibaluri olive oil dan jeruk nipis lalu dibakar, biasa dapat ditemui dalam keadaan segar oleh para penjual-penjual ikan di pantai.
Untuk karbohidrat, arroz branca (nasi putih) adalah makanan utama sekarang, namun  Pão (roti berbentuk bun) juga sangat populer, di setiap daerah di Timor Leste mempunyai baker-baker handal yang sejak dini hari sudah disesaki calon pembeli. Pão dimakan pagi hari dengan diselipi telur dadar, daging panggang  atau plain dengan kopi timor yang nikmat. Untuk makan siang dan malam Pão biasa disajikan seperti dinner rolls , bedanya tidak memakai mentega tetapi sedikit minyak zaitun dan beberapa azeitona (zaitun utuh).
Dikarenakan banyaknya pedagang Cina sejak zaman kolonial portugis (terutama koneksinya dengan Macau) mie juga sudah menjadi makanan yang cukup dikenal, biasanya dibuat Saumi atau Mie Goreng dengan aneka sayur dan telur dadar iris dan minyak zaitun. Untuk pesta-pesta karbohidrat yang biasa dihidangkan adalah arooz fugado atau nasi tomat dan Katupas yaitu ketupat yang dimasak dengan santan. Batar Nurak atau bubur jagung yang ditambah dengan daun singkong dan kangkung dinikamti dengak ikan maran (ikan asin kering) goring dan sambal tomat hampir sama dengan bubur tinotuan tapi tanpa beras
Orang Timor Leste tidak begitu banyak mengkonsumsi sayuran, salah satu yang sering dikonsumsi adalah salada yang dibuat dari robekan daun selada bokor, tomat iris, lis arabie (bawang bombay) iris, bawang merah iris dan agriaun (selada air/watercress) yang disiram dengan vinnaigrette seger yang dibuat dari olive oil, merica dan derok masin (jeruk nipis). Selain itu tumis daun dan bunga pepaya yang sering ditambahkan irisan pepaya muda dapat ditemui dimana-mana selain lezat juga berfungsi sebagai anti malaria alami. Tak jarang pula orang Timor Leste makan indomie dengan daun pepaya rebus
Untuk minuman, cerveja (bir) diminum dimana-mana merek yang terkenal adalah bali hai (indonesia), tiger (singapore) dan VB (australia). Mateus rose wine dan Vinho atau Tinto disajikan di acara-cara khusus, sedangkan untuk minuman keras lokal dikenal dengan tuak sabu yang rasanya hampir sama dengan minuman cap tikus menado. Tuak Sabu asal Baucau ini dikenal enak karena penambahan cengkeh, cabe dan kayu manis. Sedangkan Sopi mengandung alkohol lebih rendah dan berasa manis mirip dengan saguer dan legen. Jangan lupa coba Kopi Timor asal perkebunan kopi Ermera, bisa didapatkan yang buatan dili dengan kemasan vacuum sebesar batu-bata (saya pernah lihat di supermarket di Indonesia), atau kalau anda rajin ke Starbucks juga sudah dijual di sana.
Cabe timor yang berjenis bird's eye chili sangat terkenal pedasnya mungkin bisa disamakan dengan scotch bonnet derajat kepedasannya, biasa disajikan dengan ditumbuk dengan irisan jeruk nipis dan belimbing sayur, atau ditambah sedikit balisaun, sejenis terasi yang dibuat dari udang kecil tumbuk yang dicampur garam lalu dijemur
Di Timor tidak ada pohon /perkebunan zaitun kami memakai olive oil import dari portu maupun spanyol, jangan bayangkan seperti olive oil yang kita beli di botol beling di supermarket. Yang biasa kami pakai dipacking di kaleng berisi 1 liter. Harganya cukup reasonable untuk masak sehari2, biasa digunakan untuk tumisan dan condiment Tapi untuk menggoreng yang sifatnya deep fried, bimoli masih dipakai  (ini nama generik untuk minyak kelapa di Timor Leste).

1 komentar:

allvesone mengatakan...

RESEP TEIN FORE MEAN HO NAAN RUIN IHA ?

Poskan Komentar